Meraih Banyak Pelanggan Dengan Sales Funnel

cara buat sales funnel sederhana

Bagaimana cara nya mendapatkan banyak pelanggan?

Sebelum bahas pelanggan. Maka Anda harus punya pembeli, sebelum punya pembeli, Anda harus punya calon pembeli. Nah, gimana cara dapatkan calon pembeli? Buatlah sistem, buatlah sales funnel.

Apa itu sales funnel? Sederhananya, sales funnel adalah sebuah sistem saluran penjualan yang berguna untuk merapikan program marketing, serta melakukan segmentasi kepada market Anda. Funnel ini bertujuan untuk menggiring calon pembeli, jadi pembeli, dan kemudian jadi pelanggan. Itulah kenapa, saluran nya makin sempit kebawah.

Sales funnel di bisnis online

Dengan adanya sistem sales funnel maka bisnis Anda bisa berjalan lebih enak, karena sudah ada sistem yang jelas, dan arahan. Sehingga, ketika kita jalanin program marketing, budget yang keluar pun lebih efisien.

Konsep pakem dari sales funnel selalu sama. Akan ada banyak orang yang tertarik (funnel bagian atas), dibanding orang yang ber transaksi (funnel bawah) dengan Anda.

Sebelum kita lanjut, kita harus paham dengan satu hal: Pembeli tidak peduli pada Anda. Yang mereka peduli adalah masalah mereka, beres. Dan, apakah Anda bisa jadi solusi untuk mereka.

Funnel teratas kita sebut dengan “Awareness” alias kesadaran. Kesadaran orang2 tentang produk Anda. Apakah mereka pernah dengar, pernah tahu tentang bisnis yang dilakukan oleh Anda, manfaat apa yang Anda ceritakan kepada mereka.

Funnel kedua yaitu penelusuran. Setiap orang punya masalah, dan tiap ada masalah, maka mereka cari solusi. Untuk itu, saat mereka mencari solusi, mereka harus bisa menemukan Anda. Ingat, produk/jasa lahir dari sebuah masalah di masyarakat.

Funnel ketiga, yaitu evaluasi. Calon konsumen selalu mencari lebih dari satu solusi, tentu saja, karena mereka akan lakukan perbandingan harga dan kualitas, serta tawaran dari Anda dan pesaing. Untuk itu, produk Anda harus punya value, sehingga tidak perlu banting-banting harga dengan pesaing.

Funnel ke empat dan lima, sudah jelas. Pada saat itu, calon konsumen sudah minat dengan pelayanan Anda. Dan mereka siap beli. Ketika itu terjadi, Anda harus siap pada produksi, dan customer service, agar konsumen puas dan bisa jadi pelanggan.

Namun, untuk membuat sistem funnel seperti ini, pastilah tidak mudah. Karena prosesnya cukup panjang, dan pastinya, ada uang yang harus dikeluarkan untuk investasi. Entah Anda siap atau tidak, sabar atau tidak, pastinya, industri bisnis di internet jalan nya tidak selalu sama seperti bisnis offline. Anda harus keluar usaha lebih banyak.

Nah, sekarang pertanyaan nya? Bagaimana cara menjaring orang, dan menggiring mereka hingga ke bagian transaksi?

cara membuat konten marketing

Konten marketing. Yes, media sosial, website, artikel blog yang akan menjadi senjata Anda untuk menggiring mereka. Nah, mudahnya, saya kasih contoh ya.

Katakanlah, Anda agen properti rumah dan apartemen. Anda ingin menjaring orang-orang yang butuh pengetahuan tentang strategi beli rumah, mulai dari surat ijin, hingga KPR. Buat deh artikel di website dengan judul “Cara strategis beli rumah tanpa ribet, mudah KPR.”, di akhir artikel beri informasi bahwa pembaca bisa hubungi Anda untuk konsultasi. Pajang di media sosial. Sebarkan dengan iklan. Anggap ada 1000 orang masuk ke artikel ini. Dari 1000 pembaca, ada 200 yang hubungi Anda. Dari 200 orang ini, ternyata 90 orang diantara nya menyatakan untuk janji temu dan melihat lokasi rumah, sementara 110 diantara nya stop.¬† Kita simpan 110 orang ini pada sebuah folder bernama “Menghubungi, tapi belum jadi beli”

Apa yang harus kita lakukan pada 800 orang yang kabur itu? Beri mereka artikel lagi tentang properti, misal “Begini cara pengajuan KPR yang super mudah.”. Pajang di media sosial, sebarin dengan iklan. 800 orang lama membaca, ditambah ada 700 pembaca baru. Bikin 2 folder: 800 orang lama yang kabur, dan 700 orang baru.

Apa yang harus kita lakukan pada orang2 tersebut? Rawat mereka, kasih mereka konten informatif terus menerus, hingga mereka sadar, bahwa Anda adalah solusi ketika mereka butuh investasi properti, atau beli properti. Ingat, orang yang masuk ke web, artikel, media sosial Anda adalah orang yang punya rasa tertarik dengan bisnis properti. Jadi, hanya tinggal tunggu waktu buat dipanen, asal kita rawat dengan benar.

Sebarin iklan pakai apa? Bisa Facebook, Instagram, Google.

Nah, lengkapnya akan ada di kelas Sales Funnel Strategy dan Optimasi Facebook-Instagram, daftar disini >>>> Workshop Sales Funnel dan Optimasi Facebook-Instagram

Pelatihan digital marketing sales funnel dan facebook instagram ads

Sekian artikel hari ini, jika ingin konsultasi, klik >>>> Konsultasi Digital Marketing

2 thoughts on “Meraih Banyak Pelanggan Dengan Sales Funnel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *