Empat Tipe Pembeli Jasa / Produk Anda

pahami kustomer anda sebelum jualan

Ketika kita mau memulai bisnis, apa sih yang pertama kali dipikirkan? Cari produk atau cari pembeli? Pastinya cari pembeli dong ya. Buat apa pikirin produk kalau pembeli nya gak ada kan. Itu namanya kurang kerjaan banget.hehe..

Ngomong soal pembeli. Pernah gak kepikiran, kira-kira aja gitu, seperti apa sih karakter pembeli yang selama ini beredar di Bumi? Kira-kira lagi, mereka tuh beli barang / jasa untuk apa?

Kami membagi jenis pembeli ke dalam 4 golongan:

  1. Individu

Tipe yang membeli sebuah barang hanya sekali, dan digunakan dalam waktu lama. Market nya sangat besar. Namun daya beli nya tidak terlalu tinggi.

  1. Bisnis

Tipe ini agak sulit untuk didekati karena butuh proses panjang. Pembeli tipe bisnis biasa nya sangat berbasis kepercayaan. Jika mereka percaya dengan kualitas dan harga yang Anda tawarkan, maka sistem nya akan jadi kerjasama jangka panjang. Maklum, mereka beli untuk dijual lagi kan.

  1. Lifetime

Tipe paling asik. Selama ini kita bisa menjaga kualitas, orang ini akan selalu beli. Tipe ini, paling setia terhadap satu brand tertentu. Dia adalah marketing yang tidak perlu kita bayar.

  1. Hobi

Tipe ini membeli barang karena memang dia punya rasa tertarik terhadap tema barang tersebut. Misalnya action figure, mainan yang dikoleksi, buku, dll. Mereka tipe pembeli yang harus diberi sentuhan emosi terlebih dahulu.

Tipe manakah yang jadi pembeli bagi produk Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.